Posts Subscribe comment Comments

Hasil Kerajinan Kab. Purwakarta

Kerajinan Keramik Plered :

Plered atau Palered? Luasnya 97,172 ha. Kata Plered berasal dari Palered, Palered merupakan pedati-pedati kecil yang ditarik oleh kerbau untuk mengangkut kopi pada masa tanam paksa dulu. Palered tersebut terbuat dari papan kayu (roda dan pedati) sehingga tangguh, bisa berjalan walaupun di jalan berlumpur. Kopi ini diangkut menuju Cikawao Bandung/Jatiluhur yang selanjutnya dimuat ke atas rakit menuju Tanjung Priok dengan menyusuri Sungai Citarum. 

Kerajinan keramik Plered sudah muncul sejak zaman kolonial dulu yang ditandai dengan berdirinya tempat pembuatan Genting dan Batu bata kira-kira pada tahun 1795. Dengan berdirinya lio-lio ini maka diawalilah proses transformasi penggantian properti rumah-rumah penduduk. Pada awalnya, rumah-rumah penduduk di sekitar Plered dan Kabupaten Karawang hanya beratapkan ijuk, sirap, dan daun kelapa. Jenis-jenis atap rumah tersebut kemudian mulai digantikan dengan genting-genting. Sejak saat itulah, masyarakat Plered mulai bergerak di bidang gerabah dan menjadi home industry. Pada 1935, Hendrik De Boa seorang pengusaha Belanda mulai membuka pabrik glasir yang terletak di Warung Kondang, Plered.

Bung Hatta menjadi orang yang berjasa dalam menghidupkan kembali industri gerabah di Plered dengan membuka Induk Keramik yang gedungnya terletak di Gonggo pada 1950. Sejak saat itu, industri keramik Plered kembali bergairah dan mencapai kejayaannya dengan didatangkannya mesin-mesin dari Jerman. Produk-produk keramik Plered sudah melanglang buana dan diekspor ke berbagai negara di antaranya Jepang, Taiwan, Korea, Australia, New Zealand, Kanada, dan Saudi Arabia.

Selain terkenal dengan industri keramiknya, Plered juga terkenal dengan gentingnya. Ribuan genting dijemur setiap harinya di bahu-bahu jalan. Citeko merupakan salah satu daerah yang aktif memproduksi genting ini. Genting-genting ini memiliki aneka ragam jenis di antaranya genting kodok, palentang biasa, palentang plat, morando, dan genting jenis turbo.

0

Silahkan Tulis Komentar Anda ...

Followers